Kota Sukabumi pertahankan WTP

Walikota Sukabumi H.Mohamad Muraz.,SH.,MM dan Pimpinan DPRD Kota Sukabumi beserta jajaran dari Pemerintah Kota Sukabumi Menerima Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA.2015 pada Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawabarat betempat di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Bandung (7/6).

Kepala Perwakilan (Kalan) Provinsi Jabar Arman Syifa di kantor BPK Perwakilan Jabar mengatakan, penyerahan LHP gelombang II itu diberikan kepada 12 kabupaten/kota. Dari 12 daerah, delapan Pemda di Jawa Barat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Terdapat 8 pemda dari 12 pemda yang menerima LHP baru ini yang berhasil meraih Opini WTP,”  dan ada Lima Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP yakni Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bekasi. Sedangkan Pemda yang baru kali pertama menerima opini WTP yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kota Bekasi.

Sementara pemda lainnya yang belum WTP yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pangandaran dan Kota Cirebon.“Masih memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” tambahnya.

Arman mengungkapkan, dalam laporan keuangan pemda, masih adanya temuan beberapa hal yang cukup signifikan. Selain dana BOS, juga ditemukan adanya pembukaan rekening oleh SKPD tanpa persetujuan kepala daerah.

“Tahun ini BPK masih menemukan adanya beberapa hal signifikan. Aset tanah masih banyak yang menjadi catatan, masih banyak yang belum bersertifikat,” terangnya.

Tahun ini ungkap Arman, BPK juga menemukan adanya kelebihan bayar di sejumlah Pemda. Untuk tahun 2015, BPK mengungkap adanya kelebihan bayar mencapai Rp 58,98 miliar.

Walikota Sukabumi menyampaikan pemerintah kota sukabumi tidak akan cepat puas dengan di raihnya kembali OPINI WTP TA.2015 ini, Tetapi kami akan terus Memaksimalkan Kinerja, akan terus lebih akuntabel dan transparan. Sebab, pemerintahan yang baik tentu mampu mempertanggungjawabkan keuangannya, ungkap walikota sukabumi.

Latest articles

Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Homecare Kota Sukabumi Mendapatkan Penghargaan Nasional

JAKARTA--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terkait program Homecare dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan...

Apel Pelepasan Pasukan Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Papua YONIF 310

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi Pembina Apel Pelepasan Pasukan satgas Pamtas penyangga (mobile) Papua YONIF 310 Bertempat di YONIF 310 Cikembar (18/10) Hadir dalam...

Warga Rela Antri di Bank untuk Pencairan Bantuan UMKM 2.4 Juta

Puluhan warga di Kota Sukabumi, Jawa Barat, rela mengantri untuk mencairkan bantuan pemerintah untuk usaha mikro umkm. Sejak Jumat Pagi, 16 Oktober 2020, warga...

Presiden Jokowi : Percepat Realisasi Belanja Daerah

Percepatan realisasi anggaran belanja pemerintah merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan ekonomi yang harus berjalan beriringan dengan pemulihan dampak kesehatan akibat pandemi. Saat...
Berita sebelumyaPenyerahan Dana BOS
Berita berikutnyaRumah Yatim Nur Alsakiinah

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here