Keren!!! Kota Sukabumi di Anugerahi Kota Paling Kreatif se-Jawa Barat

Kota Sukabumi terpilih sebagai Kota paling kreatif se-Jabar bersama 12 daerah terpilih lainnya sebagai daerah tertinggi indeks kreatifitasnya yang mewujud pada nilai ekonomi masyarakat.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diterima oleh Wali Kota SUkabumi Achmad Fahmi pada acara Gala Dinner and Awarding Night of Creative Cities of West Java yang merupakan rangkaian acara International Conference on Creative Economy, di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (02/05/2019) malam. Hadir pula dalam acara tersebut tokoh-tokoh ekonomi kreatif se-Asia Tenggara.
“Kami diam-diam meneliti dan menilai dalam pemeringkatan indeks kreatifitas dan Alhamdulillah dari 27 daerah terpilih 13 daerah tertinggi. Kita ingin kegiatan kreatif ini bisa mewujud pada nilai-nilai ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Gubernur yang akrab disapa Emil.
Selanjutnya ke-13 daerah ini akan mendapatkan prioritas bantuan anggaran dari Pemprov Jabar. Emil mempersilakan daerah tersebut untuk mengajukan bantuan terkait peningkatan ekonomi kreatif.
“13 daerah ini akan mendapatkan prioritas anggaran dari Pemprov Jabar silakan ajukan mau apa terkait peningkatan ekonomi kreatif, karena letupan energinya sudah ada,” ujar Emil.
Menurutnya, di 13 daerah ini sudah banyak aktivitas publik ekonomi kreatifnya. Untuk itu pihaknya juga akan memprioritaskan untuk membangun gedung kreatif center.
“Tentunya juga diprioritaskan mendapat gedung kreatif center tinggal lahannya tolong disiapkan minimal 3000 meter memadai nanti kita bangunkan dari dana provinsi,” ucapnya.
Emil meminta gedung kreatif center tersebut nantinya diramaikan oleh aktivitas kreatif anak muda.
“Tempat (gedung kreatif center) itu nanti tolong diramaikan untuk kegiatan kreatif anak-anak muda misalnya melatih skil yang bernilai ekonomi,” terang Emil.
Dirinya juga berpesan bahwa setiap daerah harus mempunyai minimal tiga identitas ekonomi kreatif yang menjadi unggulan.
“Misalnya animasi di Kota Cimahi, bambu di Garut dan lainnya. Jenis ekonomi kreatif itu seperti desain, arsitektur, televisi dan film, animasi, kuliner, musik, seni budaya dan masih banyak lagi,” jelas Emil.
Dengan begitu bila disatukan akan menjadi keluarga besar Jawa Barat yang setiap daerahnya memiliki kekhasan tertentu.
Sementara itu Wali Kota Sukabumi menyampaikan ‘’ Penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Sukabumi untuk terus berkarya,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kota Sukabumi meraih peringkat kedua dalam kategori kota terkreatif di Jawa Barat.

Penghargaan ini ungkap Fahmi tidak bisa lepas dari jumlah pelaku ekonomi kreatif di Sukabumi yang cukup banyak. Di mana pemkot pada tahun ini baru mendapatkan data pelaku ekonomi kreatif yang jumlahnya mencapai sebanyak 123 lembaga.
Pencapaian prestasi pelaku ekonomi kreatif asal Sukabumi juga cukup membanggakan. Contohnya pelaku seni mural atau menggambar di atas media dinding.
Pelaku ekonomi kreatif tersebut menjadi juara dalam ajang perlombaan di Inggris. Saat ini para generasi muda asal Sukabumi ini mendapatkan proyek membuat taman-taman kota di Inggris dengan desain dari mereka.
Prestasi ini kata Fahmi harus terus dijaga dan dikembangkan. Oleh karena itu pemkot pada 2020 mendatang akan membangun Sukabumi Creative Hub (SCH)
Pembangunan SCH lanjut Fahmi di lahan seluas 3 hektare. Nantinya lokasi itu menjadi tempat berkumpul pelaku ekonomi, seni dan budaya dari generasi muda.
Harapannya ungkap Fahmi, pelaku kreatif di Sukabumi akan terus berkembang dengan hadirnya SCH. Terutama ditujukan kepada generasi muda agar dapat menyalurkan bakatnya.

Latest articles

Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Homecare Kota Sukabumi Mendapatkan Penghargaan Nasional

JAKARTA--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terkait program Homecare dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan...

Apel Pelepasan Pasukan Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Papua YONIF 310

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi Pembina Apel Pelepasan Pasukan satgas Pamtas penyangga (mobile) Papua YONIF 310 Bertempat di YONIF 310 Cikembar (18/10) Hadir dalam...

Warga Rela Antri di Bank untuk Pencairan Bantuan UMKM 2.4 Juta

Puluhan warga di Kota Sukabumi, Jawa Barat, rela mengantri untuk mencairkan bantuan pemerintah untuk usaha mikro umkm. Sejak Jumat Pagi, 16 Oktober 2020, warga...

Presiden Jokowi : Percepat Realisasi Belanja Daerah

Percepatan realisasi anggaran belanja pemerintah merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan ekonomi yang harus berjalan beriringan dengan pemulihan dampak kesehatan akibat pandemi. Saat...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here