Kota Sukabumi Raih Penghargaan atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019

BATAM – Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019. Pemberian penghargaan ini diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Hotel Radisson, Kota Batam, Senin (10/2).

Penghargaan ini diberikan pada ajang evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 di Kota Batam. Di mana Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah 2019 dengan predikat BB.

Nilai SAKIP pada 2019 ini meningkat dibandingkan 2018 lalu yang mencapai 74.83. Pada 2019 nilai SAKIP Kota Sukabumi menjadi 76.07.

” Alhamdulillah tahun ini Kota Sukabumi mendapatkan peringkat BB masih sama dengan tahun sebelumnya, akan tetapi nilai yang meningkat dibandingkan 2018,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Peningkatan nilai ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Sukabumi.

Wali kota mengatakan, insya Allah di tahun mendatang diharapkan peringkat SAKIP Kota Sukabumi meningkat dari BB ke A. Pencapaian kali ini menjadi pembelajaran terutama dalam berdisiplin dan kolaborasi serta membuat perencanaan, pelaksanaan dan penganggaran yang efektif dan efisien.

Sehingga terlayani kebutuhan masyarakat dengan sebaik-baiknya. ” Terimakasih kepada satuan kerja perangkat kepala daerah (SKPD), sehingga nilai SAKIP meningkat dibandingkan sebelumnya dan tahun depan akan meningkat lagi,” cetus dia.

Di sisi lain Kementerian PAN RB menyatakan, penilaian BB terhadap Kota Sukabumi tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kota sukabumi menunjukkan hasil yang sangat baik.

Evaluasi SAKIP ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP. Selain itu mengacu pada Peraturan Menpan RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP.

Tujuan dari evaluasi SAKIP ini yakni menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

Dokumentasi : Humas Kota Sukabumi

Latest articles

Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Homecare Kota Sukabumi Mendapatkan Penghargaan Nasional

JAKARTA--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terkait program Homecare dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan...

Apel Pelepasan Pasukan Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Papua YONIF 310

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi Pembina Apel Pelepasan Pasukan satgas Pamtas penyangga (mobile) Papua YONIF 310 Bertempat di YONIF 310 Cikembar (18/10) Hadir dalam...

Warga Rela Antri di Bank untuk Pencairan Bantuan UMKM 2.4 Juta

Puluhan warga di Kota Sukabumi, Jawa Barat, rela mengantri untuk mencairkan bantuan pemerintah untuk usaha mikro umkm. Sejak Jumat Pagi, 16 Oktober 2020, warga...

Presiden Jokowi : Percepat Realisasi Belanja Daerah

Percepatan realisasi anggaran belanja pemerintah merupakan salah satu yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan ekonomi yang harus berjalan beriringan dengan pemulihan dampak kesehatan akibat pandemi. Saat...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here